Selasa, 01 Maret 2011

Resto Junk-Food Penjual Suasana…


Tentu anda sudah tidak asing dengan logo di atas… Yup, itu adalah logo restoran francise asal negri Paman Sam yang begitu ternama. Restoran cepat saji ini memang sudah membuka cabang hampir diseluruh penjuru dunia…tercatat sudah ada 25.663 gerai McD  tersebar di Amerika, Eropa, Afrika, Asia, sampai Australia (Nation Master, 2004) sekarang sudah mendekati 31.000 cabang di seluruh dunia (Nick, 2006)…. Di Indonesia sendiri resto ini membuka cabang hingga?????.

Jika ditanya….Apa Core Bussines dari McD? Jawabannya adalah Ice Cream dan Burger! Yang khas dari Restoran saji ini memang Mc Flury Ice Cream-nya, ditambah beberapa jenis burger andalannya. Untuk sajian lainnya, seperti Kentang goreng, Friedchicken dan Soup-nya; itu hanya jadi sajian pelengkap daftar menu saja, bukan menu andalan dari McD. Karena fakta itulah, Saya dan rekan-rekan memiliki penilaian bahwa: “McD mendapat untung hanya dari menjual Es Krim dan menyediakan kursi, meja dan suasana. Gak Lebih!”

Secara umum arsitektur McD memang hampir mirip dengan restoran fast-food lain; Jendela kaca yang besar menerawang, diisi kursi dan meja makan yang simple berjajar, juga cashier yang melekat dengan dapur semi terbuka.  Tapi tentunya setiap nama pastinya punya trademark masing-masing…. Begitu pula dengan Mc Donald. Resto ini memang didesain agak berbeda; sangat modern, nyentrik dan menarik….Dengan dominasi warna cerah, sesuai dengan mascot mereka yaitu Mr. Ronald, si badut lucu berambut dan berjenggot merah dengan baju orange strip merah.
Kenapa warna dominannya merah, orange?

DARI SISI PSIKOLOGI LIGKUNGAN ...TEORI AMBIENT CONDITION….
Kualitas fisik yang mempengaruhi perilaku (Raharjani & Ancok, 1987) terisir dari kebisingan, temperature, kualitas udara, pencahayaan, dan warna.
Nah, mengenai masalah McD ini kita akan menyoroti dari segi warna…kenapa harus dominan merah dan orange??
Warna ternyata juga membawa efek psikologis pada yang melihatnya. Warna biru membawa efek tenang, damai dan lembut; warna hijau sangat sejuk; kuning bersifat hangat dan menstimulasi; warna ungu yang agresif dan bersifat dingin. Nah, McD dengan warna merah, kuning, orange nya yang nge-jreng, mempunyai sifat hangat dan warna merah khususnya, memiliki efek menggangu, panas, dan kasar.

Jarang sekali restoran menggunakan warna cerah mentereng begini…. Karena seharusnya restoran membuat efek nyaman, tenang, dan sejuk….agar pelanggan betah berlama-lama sambil menikmati hidangan mereka….Dan yang cocok untuk background pada rumah makan adalah warna-warna calm atau soft.

Sepertinya tujuan dari konseptor McD adalah:
1.       Untuk menarik perhatian
Strategi promosi marketing yang baik mereka terapkan; dengan warna nge-jreng dan nyentrik juga dengan lambang huruf ‘M’ berwarna kuning yang terpampang besar.
2.       Untuk menimbulkan kesan ceria
Sesuai mottonya: Happy Meal, dan si Mascot badutnya yang identik dengan keceriaan dan kegembiraan. Dan hal ini pasti menjadi daya tarik tersendiri untuk konsumen anak-anak.
3.       Prinsip ‘Fast-Food’
Makanan ‘cepat saji’ dan Mc-D nampaknya meminta pelanggannya untuk menikmati makanannya dengan cepat pula dan jangan sampai berlama-lama. Strateginya, dengan membuat efek ‘gak betah’ dengan warna merah dan kuningnya.
Mc-D tidak menyediakan tempat besar, kursi yang banyak…jadi diharapkan pelanggan datang, selesai makan dan segera pergi….tidak ada alasan untuk menikmati suasana.

Dari kajian diatas, satu hal yang saya salut dengan bisnis yang adalah raja francise dunia ini….Mereka mengkonsep sesuatu yang kreatif dan unik dibungkus dalam strategi marketing yang patut diacungi 2 jempol… Mereka tidak terlalu handal dalam makanan, tetapi mereka bisa eksist.


Sumber Referensi:
http://www.elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/peng_psikologi_lingkungan/bab3-...
http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.slashfood.com/2006/04/10/starbucks-may-soon-outnumber...
http://...bursafranchise.com/mcdonalds-indonesia.htm
http://....wikipedia.org/wiki/McDonald%27s_products_%28international%29

1 komentar:

  1. bener sekali emang industri makanan butuh kenyamanan dan suasana yang berkesan...

    http://www.hardwarekasir.com/

    BalasHapus